Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Saturday 30 May 2015

Penjelasan Jumlah Piston dalam Kaliper Mobil atau Motor

Advertisement

Kaliper merupakan salah satu komponen pada mobil atau motor yang berfungsi menghimpit piringan cakram sehingga dapat memperlambat dan menghentikan laju motor atau mobil. Kaliper memiliki banyak jenis, dibedakan memalui jumlah piston yang terdapat dalam sebuah kaliper. Nah tahukah kamu, apa itu istilah piston dalam kaliper? Dan apa arti dari jumlah piston yang ada dalam sebuah kaliper? Berikut ini saya ulas semua tentang kaliper dan bagaimana cara kerjanya.

Penjelasan Jumlah Piston dalam Kaliper Mobil atau Motor

Penjelasan Jumlah Piston dalam Kaliper Mobil atau Motor

Arti piston dalam kaliper

Piston dalam kaliper merupakan sebuah benda berbentuk tabung yang fungsinya menekan kampas rem kearah piringan cakram dengan bantuan oli rem. Jika dilihat, bentuknya akan seperti pada gambar.

Jumlah piston dalam kaliper

Kaliper terbagi dalam beberapa jenis, pembagian jenis kaliper didasarkan pada jumlah piston. Jika tadi kamu sudah mengerti apa itu piston dalam kaliper. Sekarang giliran maksud dari jumlah piston dalam kaliper. Jenis kaliper yang banyak tersedia dipasaran adalah kaliper 2 piston, 4 piston dan 6 piston. Contoh, kaliper 2 piston maksudnya piston yang terdapat dalam satu kaliper berjumlah 2 begitu juga seterusnya. Semakin banyak jumlah piston dalam satu kaliper maka pengereman akan semakin pakem karena jumlah piston yang menghimpit kampas rem semakin banyak.
Kaliper dengan jumlah piston lebih dari satu banyak digunakan untuk ajang balap atau road race. Dengan alasan rem jadi lebih pakem dan pengereman lebih maksimal pastinya.

Merek kaliper yang banyak digunakan untuk ajang balap dan merek kaliper yang berjumlah lebih dari 1 piston :
1. KTC
2. Brembo
3. Racing Boy

Harga kaliper 2 piston

Harga yang ditawarkan untuk kaliper 2 piston dengan marek KTC berkisar antara 400 ribu sampai 700 ribu. Sebanding dengan kenyamanan pengereman yang diberikan.

Banyak merek kaliper yang beredar dipasaran. Ada yang asli dan ada juga yang KW atau replika. Kaliper yang sering direplika adalah merek Brembo, kaliper KW atau replika memiliki ciri-ciri bodi kaliper yang terlihat kasar atau kurang rapi, terutama pada bagian sisi kaliper, cat dan tulisan mereknya juga terlihat kurang rapi serta harganya yang jauh lebih murah dibandingkan kaliper asli atau original.

Penjelasan Jumlah Piston dalam Kaliper Mobil atau Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Penjelasan Jumlah Piston dalam Kaliper Mobil atau Motor"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.