Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Tuesday 19 May 2015

Transfer Bodi Yamaha Jupiter Mx ke Yamaha X1R

Advertisement

Transfer bodi atau ganti bodi merupakan cara modifikasi yang tergolong susah apalagi transfer bodi dilakukan antara 2 model motor yang berbeda jenis atau pabrikan. Transfer bodi akan mudah jika motor yang akan dilakukan swap masih satu pabrik dan masih satu tipe motor. salah satunya kali ini nih. Saya akan membahas cara mengganti bodi motor yamaha jupiter mx dengan bodi yamaha X1R. Yamaha X1R merupakan motor bebek pabrikan yamaha asal thailand. Motor ini sudah banyak di launching diberbagai negara salah satunya malaysia. Motor ini juga sudah punya banyak fans, terbukti dengan banyaknya klub motor X1R diberbagai negara.

Mesin yang digunakan yamaha X1R sama dengan yamaha jupiter mx, rangka motornyapun sama. Jadi sangat memungkingkan kedua motor ini dilakukan transfer bodi. Di Indonesia sendiri yamaha X1R tidak di pasarkan entah apa alasanya. Akan tetapi di Indonesia punya lho motor dengan tampilan mirip X1R yaitu viar star CX. Bodinyapun hampir sama, perbedaan hanya terlihat di mesin dan beberapa bagian bodi.

Transfer Bodi Yamaha Jupiter Mx ke Yamaha X1R

Nah jika kamu ingin melakukan penggantian bodi jupiter mx dengan X1R, untuk mengakali harga bodi X1R asli yamaha yang mahal ,kamu bisa gunakan bodi dari motor viar star CX ini. Harganyapun tidak terlalu mahal cukup bayar dengan harga 950 ribu kamu bisa dapatkan full bodi asli viar star CX.

Untuk pemasangan bodi viar star CX ke jupiter mx berikut ini saya kasih beberapa tips dan penjelasanya.

Bodi jupiter mx dan bodi star CX mempunyai sedikit perbedaan pada lubang baut bodi bagian bawah. Perlu gunakan braket tambahan atau sedikit di coak.

Perbedaan juga terlihat pada bodi sisi bagian tengah. Penyebabnya karena perbedaan bentuk mesih. Pada bagian ini pun perlu sedikit di coak agar bodi tengah dapat masuk ke rangka jupiter  mx.

Jika kamu ingin tetap menggunakan stoplamp asli bawaan jupiter mx, bodi belakang star CX juga membutuhkan sedikit penyesuaian sehingga stoplamp dapat melekat sempurna.

Untuk bagian stang motor nih. Stang viar star CX tentunya tidak langsung plug and play pada jupiter mx. Perlu beberapa pengelasan pada bagian kupu-kupu dan leher sehingga stang dapat menempel. Perhatikan juga tahap pengelasan ini agar stang tetap kuat ketika digunakan.

Jika kamu menggunakan bodi dan stang X1R asli tentunya tidak perlu perubahan apapun pada komponen jupiter mx.

Transfer Bodi Yamaha Jupiter Mx ke Yamaha X1R Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Transfer Bodi Yamaha Jupiter Mx ke Yamaha X1R"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.