Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Wednesday 10 June 2015

Penyebab Karat di dalam Tangki Motor atau Mobil dan Cara Mencegahnya

Advertisement

Tangki bahan bakan merupakan tempat khusus dalam mobil atau motor yang berfungsi sebagai penampung bahan bakar motor atau mobil, bisa dalam bentuk bahan bakar premium atau bensin, solar dan pertamax. Daya tampung dalam tangki motor dan mobil juga beragam, biasanya disesuaikan dengan spesifikasi motor dan mobil itu sendiri. Sama halnya dengan komponen lain pada kendaraan bermotor yang dapat rusak, tangki bensinpun dapat mengalami kerusakan. Salah satunya tangki bensin yang berkarat. Lalu apa yang menyebabkan tangki bensin motor atau mobil dapat berkarat? Dan bagaimana cara mengatasi tangki bensin yang berkarat? Berikut ulasanya.

Penyebab Karat di dalam Tangki Motor atau Mobil dan Cara Mencegahnya

Penyebab tangki bensin berkarat
Tangki bensin bagian dalam berkarat disebabkan oleh banyaknya ruang penguapan bahan bakar pada tangki, embun yang dihasilkan dari penguapan bahan bakar itulah yang menyebabkan tangki motor atau mobil berkarat. Jadi semakin banyak ruang kosong didalam tangki menyebabkan adanya ruang untuk uap bahan bakar sehingga tangki cepat berkarat.

Cara mencegah tangki bensin berkarat
Kita lihat dulu penyebab dari tangki cepat mengarat, yaitu disebabkan oleh embun bahan bakar yang menguap. Bahan bakar yang menguap disebabkan karena suhu tangki yang terlalu tinggi atau suhu tangki yang terlalu lembab. Suhu tangki yang terlalu tinggi biasanya disebabkan karena suhu disekitar kendaraan kita yang terlalu panas atau kendaraan kita yang sering dijemur di terik matahari. Dan suhu yang terlalu lembab biasanya dialami ketika kendaraan kita di tempatkan pada tempat yang mempunyai tingkat kelembapan tinggi.

Maka dari itu, cara mencegah berkaratnya tangki adalah memperkecil ruang penguapan pada tangki, dengan cara mengisi bensin dalam keadaan penuh. Dan janganlah kamu menjemur kendaraan diterik matahari dalam keadaan tangki bensin yang tidak terisi penuh karena dapat menyebabkan bahan bakar cepat menguap dan jangan juga menempatkan kendaraan pada tempat yang lembab. Sehingga tidak ada embun yang menempel didalam tangki bensin.

Penggunaan bahan bakar dengan oktan atau kualitas baguspun dapat mencegah tangki berkarat. Contohnya menggunakan bahan bakar pertamax karena bahan bakar pertamax lebih tahan terhadap penguapan dari pada bahan bakar bensin.

Penyebab Karat di dalam Tangki Motor atau Mobil dan Cara Mencegahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Penyebab Karat di dalam Tangki Motor atau Mobil dan Cara Mencegahnya"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.