Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Monday 22 June 2015

Kelebihan dan Kekurangan Motor dengan Ban Besar dan Tapak Lebar

Advertisement

Ban merupakan komponen pada motor yang bergesekan langsung dengan aspal. Ban juga berfungsi sebagai sistem peredam getaran dalam kendaraan bermotor. Pemilihan banpun tidak boleh asal ya, jika salah memilih ukuran dan tipe ban bisa-bisa nanti membahayakan sang pengendara motor. Kali ini syaifudin-arena akan membahas tentang apa kelebihan dan kekurangan motor yang menggunakan ban ukuran besar. Simak alasanya berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Motor dengan Ban Besar dan Tapak Lebar

Kelebihan ban ukuran besar dan tapak lebar

Bagi sebagian orang yang hobi turing ban ukuran besar dengan tapak lebar biasanya jadi pilihan karena mempunyai kelebihan mempunyai redaman yang lebih bagus. tapak lebar juga memiliki kelebihan lebih stabil ketika perjalanan dan minim getaran, tentu saja jika diimbangi dengan shockbreaker yang berfungsi normal. Bermanuver dengan ban dan tapak lebar juga lebih bagus. Jadi sang pengendara dapat berkendara lebih nyaman tuh.

Kekurangan ban ukuran besar dan tapak lebar.

Jika tadi sudah membahas tentang kelebihannya sekarang giliran membahas kekurangannya nih. Ban dan tapak yang lebar sendiri mempunyai kekurangan beban yang lebih berat. Jadi motor perlu tenaga ekstra untuk menggerakannya. Efeknya tentu berimbas pada mesin yang cepat panas bahkan sampai kerusakan pada mesin, seperti rantai kamrat putus sampai blok jebol. Beban kaki-kaki motor yang terlalu berat juga dapat mempercepat kendornya rantai kendaraan.

Sebaiknya jika ingin mengganti ukuran ban motor standar dengan ban yang lebih besar perhatikan tips berikut.
- Gunakan rantai dengan kualitas bagus, seperti rantai untuk balapan atau racing use only agar rantai tidak cepat kendor.
- Ganti ukuran ban 1 sampai 2 tingkat lebih besar dari ban standar sehingga beban kaki-kaki tidak terlalu berat.
- Jika memungkingkan, bore up mesin.

Kelebihan dan Kekurangan Motor dengan Ban Besar dan Tapak Lebar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Motor dengan Ban Besar dan Tapak Lebar"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.