Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Monday 29 February 2016

Cara Mencuci Helm yang Benar

Advertisement

Cara mencuci helm yang Benar - Helm merupakan alat untuk melindungi organ tubuh penting yaitu kepala ketika berkendara agar terhindar dari benturan dan sinar matahari. 
Helm sangat penting untuk digunakan ketika berkendara apalagi menyangkut dengan keselamatan pengendara itu sendiri. Karena penggunaan helm yang terus menerus kadang membuat helm menjadi bau dan kotor. Helm yang kotor dan bau dapat menimbulkan efek tidak nyaman ketika dipakai.

Menyemprot helm dengan minyak wangi tentu bisa menjadi salah satu solusi menghilangkan bau tak sedap pada helm namun cara ini juga kadang tidak mampu membuat helm jadi lebih nyaman. Salah satu solusi yang tepat adalah dengan mencucinya. Mencuci helm dapat membuat helm menjadi bersih kembali dan nyaman ketika digunakan.
Bagi kamu yang belum pernah mencuci helm sendiri dan masih bingung bagaimana cara mencuci helm yang baik dan benar, berikut ini saya akan berbagi tips bagaimana mencuci helm sendiri secara praktik dan efisien. Yuk simak tutorialnya

Baca Juga : Cara mencuci helm INK

Cara Mencuci Helm yang Benar

1. Siapkan bahan-bahan seperti detergen atau shampoo, obeng, sikat, lap atau kanebo dan double tape.

2. Lepaskan kaca helm dari helmnya. Dengan cara membuka baut pengunci yang ada disamping helm.
Cara Mencuci Helm yang Benar

3. Lepaskan busa yang ada di dalam helm.
Melepaskan busa ini cukup sulit dan harus berhati-hati. Langkah melepaskan busa helm yaitu dimulai dari mencopot busa bagian leher atau bagian belakang helm dengan cara di tarik secara perlahan. Tak perlu takut helm akan rusak karena pada intinya semua komponen di helm bersifat bongkar pasang.

Dilanjutkan dengan mencopot busa helm pada bagian telinga. Pada busa bagian telinga ada beberapa helm yang dapat di copot dan ada juga yang tidak atau memiliki sifat permanen. Jika busa pada bagian telinga tidak dapat di copot, sebaiknya biarkan saja.

Langkah selanjutnya mencopot spons pada bagian kepala. Lepaskan busa dengan cara mencongkel secara perlahan. Pada busa bagian kepala biasanya di rekatkan oleh double tape. Jadi perlu d tarik secara perlahan. Jika helm berumur lama biasanya pencopotan akan lebih mudah.

Cara Mencuci Helm yang Benar

4. Cuci helm beserta busanya dengan detergen atau shampoo.
Jika terdapat noda membandel pada busa helm, sebaiknya rendam busa dalam detergen terlebih dahulu kira-kira sampai 30 menit.

Cara Mencuci Helm yang Benar

5. Gosok busa helm dengan sikat pakaian atau sikat gigi secara perlahan untuk menghilangkan noda membandel.

6. Jika sudah selesai, bilas busa helm dengan air bersih dan jemur sampai kering.

Tahap merakit helm kembali

Pada bagian ini kamu butuh double tape untuk merekatkan busa helm ke dalam helm.

1. Tahap perakitan yang pertama yaitu dengan menempelkan double tape ke sterofoam atau busa helm bagian kepala agar dapat melekat di helm. Lalu masukkan busa helm bagian kepala kembali ke dalam helm secara perlahan dan tekan- tekan agar selotip dapat menempel sempurna.

2. Pasang kembali busa pada bagian telinga jika sebelumnya sudah di copot. Rekatkan juga dengan double tape.

3. Pasang busa atau spons helm bagian belakang leher dan tekan-tekan agar double tape melekat sempurna.

Tiap merek helm seperti KYT, MDS, INK dan lain-lain memiliki desain spons atau busa dalam helm yang berbeda-beda seperti helm full face yang berbeda dengan helm half face
Itu tadi tips dari saya untuk mencuci helm sendiri berdasarkan pengalaman pribadi.

Semoga bermanfaat

Cara Mencuci Helm yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

2 Responses to "Cara Mencuci Helm yang Benar"

  1. thanks min, info cara mencuci helm-nya berguna banget. ane jadi bisa nyuci helm krn artikel ini. :)

    ReplyDelete

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.