Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Friday 19 February 2016

Ganti Gir Belakang Lebih Kecil, Top Speed Makin Naik

Advertisement

Ganti Gir Belakang Lebih Kecil, Top Speed Makin Naik – sekedar ingin berbagi tips bagi kamu yang ingin motornya bisa melaju makin kencang nih. Beberapa hari yang lalu saya sengaja mengganti gir set motor saya dengan gir yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Ada beberapa merek gir set yang saya pilih, namun pilihan akhirnya jatuh pada gir set merek SSS dengan tipe racing.

Ganti Gir Belakang Lebih Kecil, Akselerasi Makin Naik

Alasan saya memilih gir set merek SSS racing adalah gir dan rantai yang memiliki ketebalan yang cukup baik sehingga tidak gampang aus dan harganya terjangkau tentu saja. Selain itu saya juga bereksperimen dengan mengganti ukuran gir set belakang saya menjadi 1 nomor lebih kecil. Saya menggunakan gir depan ukuran 15t dan belakang 38t  atau ukuran gir standar untuk jupiter mx baru yang sebelumnya saya pakai gir dengan ukuran standar yaitu 15t depan dan 39t belakang. Motor saya adalah jupiter mx lama tahun 2009.
Gir set SSS tipe racing untuk jupiter mx dihargai hanya 275 ribuan belum termasuk ongkos pasangnya.

Lalu apa yang saya rasakan setelah mengganti gir belakang 1 nomor lebih kecil? Ternyata Top Speed motor makin naik. Selain itu, motor makin enteng bawaannya. Perjalanan dari jogja ke jepara pun sangat mengasikkan. Ketika motor menaiki tanjakan, motor melaju dengan sangat baik dan tidak ‘ngeden’. Cocok sekali untuk boncenger yang gak mau motornya ‘ngeden’ kalau dipakai berdua.

Namun ada kekurangan ketika kita mengganti ukuran gir standar dengan gir yang lebih kecil, yaitu akselerasi motor menjadi berkurang. Teknik mengganti ukuran gir belakang lebih kecil ini sebenarnya sudah banyak digunakan untuk motor drag.

Itu tadi sedikit testimoni dari saya terkait dengan pergantian gir belakang yang lebih kecil. Tertarik untuk mengganti ukuran gir belakang lebih kecil? Jangan takut untuk bereksperimaen.

Ganti Gir Belakang Lebih Kecil, Top Speed Makin Naik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Ganti Gir Belakang Lebih Kecil, Top Speed Makin Naik"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.