Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Friday 24 April 2015

Pentingnya Memasang Jalu Stang Motor

Advertisement

Cara membuka dan mengganti jalu stang motor

Jalu stang merupakan komponen pada motor yang terpasang pada tepi stang/stir motor. komponen ini juga sangat penting untuk di pasang. Fungsi utama dari jalu stang sendiri untuk melindungi komponen motor seperti gas dan handel rem ketika motor crash atau jatuh. jalu stang standar pada motor terbuat dari besi yang padat dan kuat sehingga dapat menopang beban motor yang berat. Jalu stang memang harus dibuat dengan bahan yang kuat. Karena biasanya jalu stang akan bergesekan langsung dengan aspal atau benda apa saja yang berada di sisi jalu stang guna melindungi gas. Mengapa gas perlu dilindungi? Tentu saja supaya ketika gas bergesekan dengan sesuatu benda dari samping, gas tidak akan terbuka semakin besar sehingga motor tidak melaju dan kamu bisa mengontrol buka tutup gas.

Dalam perkembangannya jalu stang ada yang menggunakan bahan alumunium. Selain fungsional, jalu stang dengan bahan alumunium juga memiliki fungsi estetika alias dapat mempercantik tampilan motor kamu. Jalu stang dengan bahan alumunium cenderung ringan tapi kuat dan memiliki bentuk yang beraneka ragam juga.
Apa perbedaan jalu stang dengan pro guard? Pro guard berbentuk seperti jalu stang tetapi dengan tambahan pelindung handel seperti batang yang tersambung ke jalu stang di sisi samping. Pro guard lebih banyak dari segi fungsionalitas. Pro guard dapat melindungi handel ketika terjadi crash, sehingga hendle tidak patah. Pro guard biasa digunakan untuk ajang balap motor.

Cara membuka dan mengganti jalu stang motor
Bagi yang kesulitan mencopot jalu stang motor berikut saya kasih tahu caranya :
Pertama pegang jalu stang dengan kuat. Bisa dengan tangan langsung atau kalo gak kuat bisa pakai bantuan alat seperti tang. Kemudian buka baut yang menempel dengan cara putar baut jalu stang dengan obeng kearah kiri. Jika agak susah kamu bisa berikan pelumas terlebih dahulu ke baut jalu stang.

Harga jalu stang motor 
Harga jalu stang dengan bahan besi sekitar 15 ribu sampai 20 ribu. Harga jalu stang motor dengan bahan almunium cukup berbeda sedikit yaitu sekitar 30 ribuan

Pentingnya Memasang Jalu Stang Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

3 Responses to "Pentingnya Memasang Jalu Stang Motor"

  1. Gan mau nanya, kalo stangnya di bagian buat masukkan jalu bolong alias gak ada ulirnya, gimana cara bikin jalunya gan?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli dulu balancer gan. Balancer itu nama besi yg ada di dlm stang motor buat masukin baut jalu stangnya.

      Delete
  2. gan motor ane kan cbr150r.. terus kmaren mau ganti handle barnya tuh.. pas mo dilepas dari jalu nya gabisa jadi langsung satu balancer dicopot.. itu bagaimana yah .. bisa pengaruh ga ke performa? makasih

    ReplyDelete

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.