Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Friday 24 April 2015

Macam Macam Model Spion dan Harganya

Advertisement


Spion merupakan komponen motor yang penting berfungsi sebagai media untuk melihat posisi sebuah benda dari belakang dan samping motor .spion juga dapat mempermudah kita ketika hendak bermanuver, melihat kaca spion sebelum bermanuver dapat menghindarkan pengendara tertabraknya atau bersenggolan dengan kendaraan lain. Jenis spion di pasaranpun sekarang sudah banyak, dengan harga dan bentuk yang bervariasi pula. Bagi kamu yang belum tahu macam-macam model atau bentuk spion berikut saya ulas beberapa :
- Spion standar
Spion ini asli bawaan dari pabrik motor. spion standar berkaca lebar dengan bentuk yang biasa pula. Harga yang di tawarkan mulai dari 15 ribu sampai 40 ribu.

Macam Macam Model Spion dan Harganya

- Spion retro
Spion berikut identik dengan motor keluaran lama. Dengan bentuk spion bulat yang khas dan klasik. Harga yang ditawarkan hampir sama dengan spion standar yaitu berkisar antara 20 ribu sampai 50 ribu.

Macam Macam Model Spion dan Harganya

- Spion jalu
Spion ini biasa di aplikasikan pada motor modifikasi dengan aliran street fighter. Spion ini dipasang pada ujung stang motor. posisi spionpun berada di bawah stang bukan di atasnya. Harga di pasaran mulai dari 80 ribu sampai 200 ribu tergantung bahan dan model.

Macam Macam Model Spion dan Harganya

- Spion lipat
Salah satu spion yang populer akhir-akhir ini karena bentuknya yang dapat dilipat-lipat dengan pilihan warna yang menarik. Spion ini sering diaplikasikan pada motor modifikasi dengan konsep sport, street racing dan thailook. Harganya berkisar antara 50 ribu sampai 300 ribu.

Macam Macam Model Spion dan Harganya

- Spion tomok
Spion ini sering di aplikasikan pada motor sport. Karena bentuknya yang  runcing dengan kaca kecil, dibalut dengan material alumunium yang membuatnya terlihat sporti. Harga yang di tawarkan spion ini cukup mahal, berkisar antara 200 ribu sampai 400 ribu.

Undang-undang tentang syarat memasang spion diatur dalam undang-undang lalu lintas Pasal 37 yang berbunyi
Kaca spion Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 huruf b harus memenuhi persyaratan:
a. berjumlah 2 (dua) buah atau lebih; dan
b. dibuat dari kaca atau bahan lain yang dipasang pada posisi yang dapat memberikan pandangan ke arah samping dan belakang dengan jelas tanpa mengubah jarak dan bentuk objek yang terlihat.

Jika di telaah lebih dalam, berarti syarat utama untuk memenuhi undang-undang tetang spion yaitu pengguna hanya memasang spion berjumlah 2 atau lebih dan spion dapat memberikan pandangan jelas tanpa mengubah bentuk dan jarak. Jadi jika ada om polisi yang mempermasalahin soal bentuk spionmu kamu bisa protes tuh ,agar terhindar dari polisi nakal.

Semoga bermanfaat.

Macam Macam Model Spion dan Harganya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

2 Responses to "Macam Macam Model Spion dan Harganya"

  1. Mohon info untuk spion hitam bulat retro bisa dibeli dimana? Anto NS tlp 082112345473. Tks.

    ReplyDelete
  2. Mohon info untuk spion hitam bulat retro bisa dibeli dimana? Anto NS tlp 082112345473. Tks.

    ReplyDelete

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.