Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Wednesday 1 April 2015

Hal Apa Saja yang Perlu Disiapkan Sebelum Touring

Advertisement


Touring merupakan kegiatan bepergian menggunakan motor dengan jarak tempuh yang jauh. berkendara dengan motor memang mengasyikkan apalagi ditemani orang-orang tercinta kita di tambah berkendara ke alam terbuka dapat mengurangi stress . tahukah kamu banyak hal yang harus kamu siapkan dan perhatikan sebelum touring atau berkendara jauh dengan sepeda motor? berikut ini saya ulas hal apa saja yang harus disiapkan sebelum turing.

Cek kondisi motor meliputi :
Mesin ,pastikan kondisi mesin dalam kondisi prima.
Cek kondisi kaki-kaki motor seperti ban, rantai dan velg, perhatikan tekanan angin dan kondisi tapak ban,jangan gunakan ban yang sudah gundul, velg jangan sampai speleng dan usahakan rantai dalam kondisi basah dengan oli.
Cek di sektor pengereman, perhatikan kampas rem depan dan kampas rem belakang motor.
Cek penerangan dan fungsionalitas motor lain seperti lampu sein dan lampu rem. pastikan semua berfungsi normal.

Siapkan peralatan untuk mendukung perjalanan seperti jas hujan, pompa angin, perkakas motor (obeng dan kawan-kawan) serta sparepart motor yang sekiranya diperlukan seperti lampu cadangan dan ban dalam. jangan membawa perlengkapan yang kurang bermanfaaat.

Jika barang bawaan banyak, usahakan taruh di box motor atau bagasi motor, jangan di taruh dalam tas karena tas yang terlalu berat dapat menggangu dan mempersempit ruang gerak si pengendara.

Bawa bekal makanan ketika perjalan. Paling tidak dapat mengurangi rasa lapar ketika di perjalanan.

Berkendaralah dengan kondisi tubuh prima dan gunakanlah pakaian yang dapat melindungi tubuh dari sinar matahari dan dinginnya malam. gunakan jaket, celana panjang, sarung tangan, penutup wajah dan sepatu yang melindungi mata kaki. usahakan berwarna terang karena lebih terlihat lebih baik. pakai protektor lutut dan siku sehingga kemungkinan cidera dapat dikurangi(opsional).

Lakukan pemanasan sebelum berkendara. seperti peregangan otot sebelum berolah raga yang meliputi peregangan kaki,tangan dan kepala.

Bawalah uang secukupnya. Untuk berjaga-jaga ketika terjadi sesuatu di jalan.

Bawalah surat kendaraan motor dan SIM. taruh dompet di tempat yang aman dan tidak memungkinkan untuk hilang atau terjatuh. dan jangan lupa berdoa.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat.

Hal Apa Saja yang Perlu Disiapkan Sebelum Touring Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Hal Apa Saja yang Perlu Disiapkan Sebelum Touring"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.