Advertisement
Oli berfungsi sebagai pelumas komponen di dalam mesin agar tidak cepat aus dan panas. pemilihan oli yang tepat dapat memaksimalkan kinerja mesin motor sehingga mesin motor lebih awet dan powerfull. selain itu kamu juga harus tau masalah pada motor apa yang timbul dan berhubungan dengan oli. salah satunya oli pada mesin yang cepat berkurang dikarenakan rembes atau bocor. nah ada beberapa penyebab oli motor rembes atau bocor, berikut ulasanya. sebelum menaganinya, ketahui dulu sumber atau penyebab rembesnya oli dulu.
kondisi ini paling sering terjadi dikarenakan ring baut yang sudah rusak. seringnya baut motor digunaan untuk mengganti oli adalah penyebab ring baut oli rusak atau kurang rapat. cara mengatasinya dengan mengganti ring baut yang baru.
Penyebab oli cepat berkurang salah satunya karena mesin over heat atau terlalu panas. Kondisi ini bisa terjadi karena pengupan oli yang berlebih. Penyebabnya antara lain kualitas oli yang buruk. Solusinya ganti oli dengan kualitas yang bagus dan jangan lupa servis motor kamu setidaknya 3 bulan sekali.
Penyabab mesin over heat atau cepat panas antara lain :
- Mesin sudah mengalami proses bore up atau naik cc.
- Suhu udara sekitar yang panas.
- Kualitas oli yang buruk.
- Ada komponen mesin yang aus atau sudah harus diganti.
- Tidak ada sistem pendingin. Contoh oil cooler atau radiator.
Jenis-jenis oli :
- Mineral (oli harian motor lawas)
- Synthetic blend (semi sintetik) (oli harian motor baru)
- Full synthetic (oli racing).
Direkomendasikan menggunankan oli dengan jenis semi sintetik atau full synthetic.
Oli rembes atau bocor dari sela-sela mesin motor.
hal ini sering disebabkan packing mesin motor yang sudah hancur. oli yang muncul dari sela-sela mesin sebenarnya terjadi karena packing mesin yang sudah aus sehingga oli dapat mengalir dari sela-sela mesin. cara mengatasinya dengan mengganti packing mesin motor kamu. Packing mesin motor asli pabrikan di bandrol dengan harga 50 ribu sampai 100 ribu.
Oli rembes atau bocor dari sela-sela baut oli motor.
kondisi ini paling sering terjadi dikarenakan ring baut yang sudah rusak. seringnya baut motor digunaan untuk mengganti oli adalah penyebab ring baut oli rusak atau kurang rapat. cara mengatasinya dengan mengganti ring baut yang baru.Oli rembes atau bocor dari sela-sela perseneling motor.
ini juga salah satu penyebab oli yang bocor dimesin. kondisi ini terjadi jika pemasangan seal perseneling yang kurang pas dan rusaknya seal persenenling. cara mengatasinya dengan mengganti seal perseneling dan memasangnya dengan hati-hati. Harga seal perseneling sekitar 3000 sampai 10.000.
Oli motor yang cepat berkurang tetapi tidak mengalami kebocoran
Penyebab oli cepat berkurang salah satunya karena mesin over heat atau terlalu panas. Kondisi ini bisa terjadi karena pengupan oli yang berlebih. Penyebabnya antara lain kualitas oli yang buruk. Solusinya ganti oli dengan kualitas yang bagus dan jangan lupa servis motor kamu setidaknya 3 bulan sekali.Penyabab mesin over heat atau cepat panas antara lain :
- Mesin sudah mengalami proses bore up atau naik cc.
- Suhu udara sekitar yang panas.
- Kualitas oli yang buruk.
- Ada komponen mesin yang aus atau sudah harus diganti.
- Tidak ada sistem pendingin. Contoh oil cooler atau radiator.
Jenis-jenis oli :
- Mineral (oli harian motor lawas)
- Synthetic blend (semi sintetik) (oli harian motor baru)
- Full synthetic (oli racing).
Direkomendasikan menggunankan oli dengan jenis semi sintetik atau full synthetic.
saya sudah ganti baut dan ganti packing bagaimana solusi yang lain karena oli di mesin motor saya masih rembes
ReplyDeletecek dulu titik rembesnya gan. jika penyebabnya packing mesin, bisa ganti packing yang lebih tebal. sebelum pasang packing jangan lupa sisa2 packing yang lama dibersisin dulu.
DeleteKalau rembesan deket sekitar pedal rem belakang itu gimana gan , dari packing apa dari yang lain?
ReplyDeletejika motor agan pakai rem belakang tipe cakram mungkin master remnya bocor. jika pake rem tromol bisa jadi rembesan oli dari mesin. coba di cek dulu gan, terima kasih.
Deleteoke
ReplyDeletesi RIMA ke BEKASI
ReplyDeleteTERIMAKSSIII
https://www.facebook.com/Fikrys-automotive-1631747550396169/
ReplyDeletePaking dan seal maghnit sudah saya ganti tapi masih rembes aja gan bagamana solusi nya
ReplyDeletedi cek apakah blok mesin atau mur masih dalam keadaan baik atau tidak gan. bisa jadi permukaannya sudah tidak rata atau rusak.
DeleteKalau mngakali mesin tua yg sudah tidak dijual packingnya gimana master?
ReplyDeleteGanti STNK
Deletemotor saya vario tahun 2010 motor saya tu oli ny ngerembes dari sela sela baut tempat biasa ganti oli gan, itu penyebab ny kenapa gan ya.
ReplyDeleteSeal atau baut tutup oli udah aus gan. Bisa ganti dengan yang baru.
DeleteIya mas saya jg sering banget netes bahkan sampe bocor olinya tumpah semua. & sampe srkarang masih sering netes padahal udah ganti perseneleng dll di service resminya. Mohon masukannya mungkin ada solusi lain.mtor sy revo 2008 (revo lancip)
ReplyDeletesaya kmaren ganti ring piston baru gak rembes lagi
DeleteMotor saya vario 125 gan... Itu bocor oli mesinnya dari bagian dekat ban,kalo saya jalanin bocor tapi kalo saya gas ngetest buat nyari kebocorannya kaga ada itu dri apanya ya gan?
ReplyDeletegan motor ane GL 100.. mengalami rembesan oli secara terus-menerus di bagian bak mangkok mesin sebelah kanan , tepatnya di dekat perseneling, bagaimana solusinya? terimakasih banyak
ReplyDeleteGan aq lg ganti sil as krug tornado,wkt masang kembali bak oli tuas perseneling kok jd gak bs mantul ato seret,np y gan…mhon infony
ReplyDeleteGan tolong bantu motor saya kok oli nya 3 hari langsung habis, padahal baru ganti olo.. Cuman bagian bawah mesin dekat dekat parsinelling itu netes oli gan.. Itu gimana cara memperbaiki nya gan?? Harap di tanggapi gan
ReplyDeletegan motor ane vixion 2011 ... blok dekat kopling retak akibat kebentur rante yg putus cara ngatasinya gimana ya .. oli netes trs..
ReplyDeleteGan motor bebek sya kok sllu rembes dri atas mesin ya, ap pnyebabnya, mohon pencerahannya.. mksh..
ReplyDeleteKlu rembesnya karna retak, gimna ya cara menambalanya gan.?
ReplyDeleteTeeimasih
Bos mau tya ni bos ,mtor sya gl pro ,netes di pas tngah2 bak mesin ,cra bnerin nya gmna y bosku,slain ganti packing y,,soal nya mau bongkar total nya duit ngpres bosku ,tolong solusi nya bosku,malasih bos
ReplyDelete