Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Sunday 22 March 2015

Tips Memasang dan Menyetel Velg Jari-jari Motor

Advertisement

Motor dengan velg jari-jari memang sedang di gandrungi,terlebih karena velg jari-jari dapat di aplikasikan pada semua jenis modifikasi motor dan tersedianya banyak merek velg jari-jari di pasaran. bagi kamu yang ingin memasang atau menyetel velg jari-jari, ada baiknya untuk mengetahui tipsnya sehingga terhindar dari kerugian. Berikut ini saya ulas sedikit tentang tips memasang dan menyetel jari-jari motor :

- Pilih velg motor yang sesuai ukuran dan kegunaan. velg motor yang kuat biasanya terlihat dari bentuk yang tidak nyeleneh,bisa berbentuk U shape dan E shape  . velg mempunyai tanda SNI/ berstandar internasional dan biasanya harganya cukup mahal (relatif).

- Gunakanlah tromol asli bawaan pabrik, karena tromol asli motor lebih presisi dari segi bentuk yang memudahkan dalam penyetelan jari-jari. Tromol asli juga awet dan tidak mudah oblak pada bagian rumah lahernya. ada juga beberapa merek tromol variasi yang tetap presisi,salah satunya tromol merek VND. Tromol asli di hargai sekitar 90 ribu untuk tromol depan dan 150 ribu untuk tromol belakang.

- Pilih jari-jari motor yang sesuai ukuran motor. jangan pilih jari-jari yang terlalu panjang karena dapat menusuk ban dalam motor ataupun terlalu pendek sampai terlihat ulirnya karena bagian ulir biasanya agak rapuh sehingga dapat menyebabkan ruji cepat patah. Kamu bisa gunakan jari-jari asli dari pabrik atau jari-jari variasi seperti merek TDR.


- Menyetel ruji sebaiknya sesuai dengan setelan aslinya yaitu saling menyilang. karena velg motor sendiri sudah memiliki alur jari-jari yang di desain sedemikian rupa sesuai setelan jari-jari motor standar. jika setelan tidak sesuai,maka jari-jari biasanya akan bengkok dan cepat kendor sehingga perlu dilakukan penyetelan berulang-ulang.

- Pilih laher dengan kualitas bagus untuk menunjang performa velg. bisa gunakan laher asli atau laher kualitas nomor 2.

- Dan yang terakhir, pilihlah tukang setel jari-jari yang terpercaya. Tukang setel velg yang bagus dapat dilihat dari pengerjaannya yang rapi , velg benar-benar center, velg tidak tergores dan setelan kuat.

Baca juga : Tips merawat velg.

Keep safety riding

Tips Memasang dan Menyetel Velg Jari-jari Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

1 Response to "Tips Memasang dan Menyetel Velg Jari-jari Motor"

  1. klo mau ganti klx jadi supermoto ala old d'tracker...
    dengan tromol 36 hole + ring 14
    harus pake ukuran jari jari nya berapa???

    ReplyDelete

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.