Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Wednesday 25 March 2015

Tips Memilih Helm

Advertisement


Helm merupakan benda yang wajib anda pakai ketika berkendara demi keselamatan. selain melindungi organ terpenting kita yaitu kepala, helm juga dapat menghindarkan kita dari bahaya kanker kulit akibat sengatan sinar matahari saat berkendara. dewasa ini banyak merek dan jenis helm yang dapat kita pilih. mulai helm dengan model half face, full face , retro, helm cakil dan lain-lain. jika anda ingin membeli helm perhatikan hal berikut sebelum anda membelinya. berikut tipsnya:

- Pilih helm yang bertanda SNI sebagai acuan kalau helm sudah teruji keamanannya. Selain SNI kamu juga bisa memilih helm dengan tanda DOT yang sudah bersertifikat inetrnasional.

- Pilih tipe helm sesuai dengan kebutuhan.
ada 2 tipe helm yang bisa dipilih yaitu full face dan half face.

- Pilih ukuran helm sesuai ukuran kepala. biasanya helm di tandai dengan ukuran S,M,L,XL dan seterusnya. jangan pilih helm terlalu kecil karena dapat membuat pusing di kepala dan jangan juga memilih helm yang kebesaran karena jika dipakai helm mudah goyang dan terlepas. Pilih yang pas dan tidak terlalu sesak.

- Perhatikan berat helm. berat helm juga menentukan kenyamanan berkendara anda sehingga leher tidak mudah capek. Helm yang terlalu berat juga dapat menggangu kenyamanan pengendara saat hendak menggerakkan kepala.

- Ada pengahalang sinar matahari/ topi. hal ini juga penting ketika kamu berkendara pada siang hari sehingga terhindar dari silau matahari dan ketika  hujan air tidak langsung menetes di visor melainkan menetes pada penghalang/topi terlebih dahulu. Sehingga pandangan pengendara tidak terganggu.

- Pilih warna kaca helm/visor sesuai kebutuhan. kaca helm menentukan jarak pandang anda ke jalan. Jangan sampai pandangan pengendara terganggu karena kaca yang terlalu cembung sehingga membuat pengendara tersa pusing atau kaca yang terlalu hitam sehingga jarak pandang terbatas. disarankan pakai kaca berwarna transparan. sehingga dapat digunakan pada siang dan malam hari. atau pilih helm dengan fitur double visor. Kaca helm juga jangan sampai mengubah bentuk objek yang dilihat.

- Sebagai tambahan, pilih helm dengan fitur anti maling, biar gak dicuri tuh pas di parkiran..hehe

Semoga bermanfaat.

Tips Memilih Helm Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Tips Memilih Helm"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.