Advertisement
Cara Mengubah Underbone Cakram ke Underbone Rem Tromol - Underbone merupakan pijakan kaki bagi pengguna kendaraan beroda dua yang dikhususkan untuk ajang balap motor. Underbone digunakan agar posisi pijakan kaki lebih keatas di bandingkan posisi standar footstep depan motor sehingga motor dapat berbelok dengan sudut yang lebih ekstrim. Namun pada perkembangannya, footstep underbone kini juga digunakan sebagai penambah nilai estetika sebuah motor. Terbukti dengan banyaknya pilihan bentuk dan bahan dari footstep underbone yang semakin berfariasi.
Berawal dari pengalaman saya pribadi, pada artikel saya kali ini saya akan mengulas bagaimana cara mengubah underbone dengan rem cakram ke underbone dengan rem tromol.
Seperti yang kita ketahui, footstep underbone memiliki 2 tipe yaitu untuk rem cakram dan rem tromol.
Untuk selengkapnya yuk simak tutorial berikut ini.
Berawal dari pengalaman saya pribadi, pada artikel saya kali ini saya akan mengulas bagaimana cara mengubah underbone dengan rem cakram ke underbone dengan rem tromol.
Seperti yang kita ketahui, footstep underbone memiliki 2 tipe yaitu untuk rem cakram dan rem tromol.
Untuk selengkapnya yuk simak tutorial berikut ini.
Cara Mengubah Underbone Cakram ke Underbone Rem Tromol
1. Untuk mengubah underbone cakram ke underbone rem tromol diperlukan bracket atau pangkon yang kita buat sendiri dengan bahan besi yang kuat untuk menghubungkan tuas rem underbone ke kawat rem. Untuk bentuk bracketnya kurang lebih seperti pada gambar. Agar lebih mudah mending serahin ke bengkel las gan.
2. Siapkan per untuk tuas rem agar ketika tuas rem di injak, tuas dapat kembali ke posisi semula. Gunakan per tuas rem yang lentur. Saran saya, gunakan per tuas rem depan motor supra lawas. Bengkokan per sehingga pas dengan underbone.
3. Karena underbone menggunakan rem tromol tentunya kita juga butuh kawat rem untuk menarik tuas paha remnya. Kamu bisa gunakan kawat rem atau seling rem variasi merek Sps seperi pada gambar atau kawat rem khusus underbone yang lain. Satu buah seling rem merek Sps seperti pada gambar di bandrol dengan harga 150 ribuan.
4. Rakit bracket yang sudah kita buat tadi dengan underbone. Hasilnya seperti pada gambar.
Cek pengereman apakah sudah berfungsi normal atau kurang pakem. Jika rem tromol dengan underbone kurang pakem bisa baca artikel berikut
Sekian tips dan trik mengubah underbone rem cakrem ke underbone rem tromol. Semoga bermanfaat ya gan. Keep share and keep safety riding.
Berguna sekali min, mantaaapp
ReplyDeleteMas, itu breketnya apa engga mentok sama arm?
DeleteIya awalnya punya saya mentok mas. Terus tak bubut dan tak ubah bentuknya agar gak mentok arm. Atau cara lain bisa ganjal as arm agar underbone agak keluar dan gak mentok arm.
DeleteMantap mas, kalo buat pengereman normal ga mas kayak standar? Soalnya skrg saya msh pake kawat rem standar dan kalo lagi ngerem pijakan remnya naik turun ngikutin ayunan arm.
DeleteMantap mas, kalo buat pengereman normal ga mas kayak standar? Soalnya skrg saya msh pake kawat rem standar dan kalo lagi ngerem pijakan remnya naik turun ngikutin ayunan arm.
ReplyDeleteNormal mas. Iya underbobe tromol emang perlu kasih ganjalan mas di atas pijakan remnya biar gak naik turun.
DeleteUntuk braketnya itu, posisinya dibalik underbone mas? Kawat rem harus lurus ga?
ReplyDeleteIya di balik underbone mas. Kawat rem usahakan lurus. Agak miring dikit juga gak apa2.
DeleteOke mas, makasi banyak loh. Berguna bgt mas
ReplyDeletemas boleh ga saya minta foto detailnya buat breketnya yang ke rem blakang?
ReplyDeleteApa2 sja yg hrus di ganti untuk satria fu bang
ReplyDeletesepertinya sama saja bang. tinggal bikin bracket atau pangkon buat narik seling remnya.
Delete