Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Thursday 19 March 2015

Cornering dengan Ban Standar

Advertisement

Cornering dengan Ban Standar

Bagi anda yang hobi roadrace atau cornering ban adalah salah satu elemen utama yang harus di perhatikan karena pemilihan ban sangat penting bagi keselamatan ridernya.
banyak merk ban khusus race/ balapan yang dapat dipilih dengan harga yang bervariasi, mulai dari 300 ribuan untuk ukuran motor bebek sampe jutaan,cukup mahal memang tapi tenang saja, tidak selamanya ban standar tidak bisa dipake cornering lho. Bagi kamu yang ingin cornering dengan ban standar alangkah baiknya perhatikan tips berikut.
Berikut spesifikasi ban standar yang bisa dipakai cornering :

- Minimal ukuran 90/80, usahakan ban berbentuk donat agar ban menempel sempurna dengan aspal.
ciri-ciri ban ini yaitu angka atau nilai depan ban lebih besar dari nilai ban belakang. contoh 90/80, 100,80, 120/90 dan masih banyak lagi.
- Permukaan ban harus rata, jangan pakai ban yang sudah bergelombang agar motor dapat berjalan stabil ketika trek lurus dan menikung.
- Sesuaikan ban dengan treknya ,apakah ban khusus trek basah atau kering agar tidak licin ketika digunakan.

Persiapan yang lain yaitu bagian pengereman dan peredam atau shock breaker yang berfungsi dengan normal dan jangan lupa ridernya harus safety ya. gunakan wearpack atau jaket, helm fullface dan protector.

Berikut salah satu merek ban standar yang bisa dipakai cornering  :

Ban IRC road runner 


Kelebihan ban ini yaitu tinggi ban yang kecil sehingga ban dapat menempel di aspal dengan sempurna . ditambah lagi ban ini dapat dipakai di trek basah dan kering. sebagai buktinya mungkin anda pernah melihat video di youtube milik horse power indonesia yang lagi cornering dengan ban IRC Road Runner.

Ban FDR Genzi dan FDR Sport XR Evo


kalo ini salah satu ban yang saya pakai. kelebihan ban ini hampir sama dengan ban dengan tinggi yang kecil yaitu menempel di aspal ketika cornering tapi kekurangannya ban ini hanya bisa di pakai di trek kering :(
daan banyak ban lain dengan ukuran dan merek yang bervariasi. seperti merek micellin, batlax, mizlle, zeneos dan lain lain.
keep safety

Cornering dengan Ban Standar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Cornering dengan Ban Standar"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.