Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Thursday 17 September 2015

Mengatasi Ban Motor yang Sering Kempes

Advertisement

Pernahkah kamu mengalami ban motor kempes atau bocor ketika dalam perjalan? Pastinya akan sangat menjengkelkan, apalagi jika hal itu terjadi saat kamu sedang jauh dari tukang tambal ban atau pom bensin. Dan seberapa sering ban kamu bocor ketika diperjalanan? Jika cukup sering maka kamu harus segera mengatasinya. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi ban motor yang sering bocor dilihat dari penyebabnya. Yuk simak apa saja penyebab ban motor sering kempes atau bocor dan bagaimana cara mengatasinya.

Mengatasi Ban Motor yang Sering Kempes

1. Ban dalam terlalu kecil atau besar.
Ban motor yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat menyebabkan ban cepat kempes bahkan ban dalam dapat meledak. Ban dalam yang terlalu besar dapat tertekuk didalm ban sehingga cepat kempes dan berlubang. Sedangkan ban dalam terlalu kecil dapat mudah meledak dan dop ban dapat cepat sobek. Alangkah baiknya memilih ukuran ban dalam sesuai standarnya. Sesuaikan ukuran ban luar dan dalam sesuia tingginya. Berikut ini daftar ukuran ban luar dan dalam yang cocok dan pas.

Ukuran ban luar
Ukuran ban dalam
90/80
2.75
80/90
2.50
80/80
2.50/2.25
70/90
2.25
70/80
2.25/2.15

2. Ban luar berkualitas buruk.
Pernahkah kamu mengalami ban bocor yang disebabkan benda yang menusuk ban luar? Jika iya, apakah hal itu sering terjadi?. Mungkin yang kamu alami disebabkan ban luar dengan kualitas buruk. Ban luar dengan kualitas buruk bisa kita lihat dari merek dan seberapa sering ban luar mengalami kebocoran. Ban luar yang berkualitas buruk jika terkena benda tajam walaupun itu benda berukuran kecil biasanya langsung tembus dan menusuk ban dalam. Contohnya ban kempes terkena isi hekter atau stapples. Contoh ban berkualitas buruk bermerek osaka.

3. Ruji motor menusuk ban dalam.
Hal ini dapat terjadi jika kamu menggunakan velg tipe jari-jari. Ruji yang terlalu panjang atau pelindung karet pada velg jari-jari yang rusak dapat menyebabkan ruji menusuk ban dalam dan akhirnya kempes.

Mengatasi Ban Motor yang Sering Kempes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Mengatasi Ban Motor yang Sering Kempes"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.