Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Monday 24 August 2015

Penyebab Velg Motor Tidak Center atau Oblak

Advertisement

Penyebab Velg Motor Tidak Center atau Oblak - Velg merupakan komponen motor yang berfungsi menopang beban pengendara dan tempat ban motor menempel. Fungsi velg sangatlah penting maka perlu perhatian ekstra pada komponen ini. Berbagai jenis dan bentuk velg tersedia di pasaran, velg jari-jari ataupun velg palang atau racing dapat dengan mudah kita jumpai. Komponen inipun tak luput dari berbagai masalah, salah satunya velg sering oblak atau tidak center. Nah tahukah kamu apa penyebab dari oblaknya velg atau tidak centernya velg? Yuk simak ulasan berikut ini dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Velg Motor Tidak Center atau Oblak

Penyebab velg oblak

1. Laher sudah rusak atau oblak
Ciri-ciri laher oblak bisa dilihat ketika velg kita goyangkan, jika terasa sudah oblak atau bergoyang maka sudah dipastikan laher sudah rusak dan wajib di ganti. Harga laher mulai dari 10 ribu rupiah.
2. As roda sudah aus.
As roda yang sudah aus juga memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan laher yang sudah rusak ditambah as roda akan memiliki goresan jika sudah rusak.
3. Tromol atau lubang laher sudah aus.
Tromol yang sudah rusak biasanya memiliki ciri-ciri lubang laher yang sudah melebar, sehingga ketika laher dipasang ke tromol, laher akan terlalu longgar, memiliki sela dan bergoyang.

Penyebab velg tidak center atau tidak rata

1. Velg sudah speleng atau benjol
2. Jari-jari atau ruji kendor
Jari-jari motor yang sudah longgar juga dapat mengakibatkan velg kurang center. Segera kencangkan jjari-jari atau cek lubang jari-jari pada tromol apakah sudah sudah rusak (longgar) atau tidak.
3. Tromol sudah rusak
Ciri-ciri tromol yang rusak sudah saya jelaskan diatas. Jadi perlu diwaspadai ya.
4. Swing arm tidak rata atau tidak center.
Swing arm atau lengan ayun yang sudah tidak rata atau center dapat kamu lihat dari sisi belakang motor kamu, apakah sejajar dengan rangka motor atau tidak.

Penyebab Velg Motor Tidak Center atau Oblak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Penyebab Velg Motor Tidak Center atau Oblak"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.