Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Wednesday 13 December 2017

Arti Tulisan 3.0 mm MIN.TH pada Cakram Motor

Advertisement

Arti Tulisan 3.0 mm MIN.TH pada Cakram Motor - Kamu yang punya sepeda motor mungkin pernah melihat tulisan ini pada cakram motor kamu. Sadar atau tidak tulisan 3.0 MIN.TH ini memiliki arti lho. Nah, apa sih artinya? Nomor 3.0 mm pada tulisan 3.0 mm MIN.TH menyatakan batas toleransi ketebalan cakram pada motor ketika digunakan adalah 3.0 milimeter. Lalu tulisan MIN.TH memiliki kepanjangan Minimum Thickness kalau diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu "Ketebalan Minimal".
Cakram motor juga memiliki umur lho. Nah patokan umur cakram itu berdasarkan pada tulisan yang tertera dipermukaanya. Cakram yang bergesekan langsung dengan kampas rem pasti lama kelamaan akan aus juga. Batas toleransi ketebalan cakram juga berbeda beda. Cakram yang memiliki diameter lebih besar biasanya memiliki toleransi ketebalan yang lebih besar pula, biasanya tertera tulisan 3.5 mm MIN.TH kayak di Disk brake motor yang saya gunakan ini.

Arti Tulisan 3.0 mm MIN.TH pada Cakram Motor

Lalu cakram yang bagus apakah yang memiliki batas toleransi ketebalan yang kecil juga? Menurut saya sih enggak ya. Cakram yang memiliki batas toleransi besar atau kecil itu sama saja. Bedanya cuma batas penggantian cakram saja.
Muncul pertanyaan lagi nih. Cakram dibuat dengan berbagai bahan, salah satunya baja dan ada juga yang titanium. Cakram dengan bahan apa yang lebih awet? Jawabanya adalah Titanium karena bahan titanium yang lebih kuat dan tahan korosi. Cakram titanium juga banyak digunakan pada motor balap.
Itu tadi sedikit artikel MotorBanter.com yang mengulas tentang apa arti tulisan 3.0 MIN.TH pada cakram motor. Silahkan share artikel ini dan semoga bermanfaat.

1 milimeter = 0,1 centimeter

Arti Tulisan 3.0 mm MIN.TH pada Cakram Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Arti Tulisan 3.0 mm MIN.TH pada Cakram Motor"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.