Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Wednesday 1 July 2020

Penyebab Ban Motor Habis Tidak Rata

Advertisement

Sobat,pernah gak kamu mengalami kondisi dimana ban motor depan atau belakang itu botak habis atau grepes (dalam bahasa jawa) tidak rata kanan dan kirinya. Itu bisa terjadi karena hal hal berikut, Saya kutip dari grub YAMAHA N-MAX INDONESIA, berawal dari postingan milik Yahya Muharom yang mengeluh mengapa bunga bannya habis tidak merata atau cepat habis pada sisi kanan ban akhirnya terjawablah masalah tersebut.

Ada berbagai alasan penyebab mengapa ban bunga cepat botak atau habis di bagian kanan salah satunya sebagai berikut 
1# BAN KURANG ANGIN
Ban kurang angin dan dipaksa jalan menyebabkan ban motor cepat botak pastinya.

2# JALANAN INDONESIA TINGGI DIBAGIAN TENGAHNYA UNTUK IRIGASI AIR
Jalan indonesia cenderung dibuat cembung atau tinggi bagian tengahnya sebagai irigasi air ketika musim penghujan. Jadi wajar kalo posisi riding jadi agak miring juga dan ban sebalah kanan lah yang pertama habis

3# ENGINE MOUNTING MOTOR RUSAK
Ini untuk motor tipe matic ya. Engine mounting yang rusak menyebabkan posisi mesin dan ban yang kurang imbang. Bisa kurang imbang bagian kanan atau kirinya.

4# SHOCK BREAKER MOTOR RUSAK
Shock breaker rusak dapat menyebabkan tinggi motor dan daya redam berbeda kanan kirinya walau tidak terlihat signifikan. Tapi ini juga bisa menyebabkan ban cepat gundul pada sisi tertentu.

5# KEBIASAAN PENGENDARA DAN JALANAN YANG DILALUI
Kebiasaan rider yang duduk miring juga bisa menyebabnya ban cepat gundul sebelah loh. Selain itu, faktor jalan yang sering di lalui pengendara juga jadi peranan. Contoh nih ya,jalan yang dilalui pengendara banyak tikungan kanannya jadi ban yang cepat habis juga bagian kanan.

Penyebab Ban Motor Habis Tidak Rata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Penyebab Ban Motor Habis Tidak Rata"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.